Friday 3 April 2009

Internet dan Blogsite sebagai media untuk sharing informasi

Internet merupakan salah satu sumber informasi yang diminati masyarakat. Selain karena lebih efisien, tidak perlu ilmu khusus untuk berinteraksi di dunia maya. Sehingga masyarakat Indonesia bisa dengan mudah menikmati dan menggunakan internet. Dengan internet segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap.


Sekarang internet bukanlah barang mahal. Seiring berjalannya waktu jumlah konsumen semakin bertambah. Sehingga warnet – warnet pun bermunculan dan bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Perusahaan penyedia jasa internet pun (ISP) semakin kreatif dalam bersaing sehingga berniat untuk berlangganan produk yang mereka tawarkan.


Kebanyakan masyarakat umum memanfaatkan internet hanya untuk hiburan atau sekedar mengisi waktu luang. Namun tidak banyak juga masyarakat yang memanfaatkan internet sebagai media bisnis / berkerja dan untuk sharing informasi.

Sebaliknya para pelajar menggunakan internet untuk mencari informasi tentang tugas yang diberikan oleh guru, dan tidak sedikit pula guru yang menggunakan blogsite untuk mengumpulkan tugas – tugas muridnya. Selain itu pelajar juga bias bertukar informasi dengan murid sekolah lain mengenai apapun. Baik mengenai pelajaran hingga perkembangan teknologi. Jadi tidak heran jika pelajaran TIK sudah diberikan sejak dini.

a. Bagaimana Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran di Sekolah?
b. penting nggak sih menulis di blogsite, email, dan browsing di internet dengan proses belajar di sekolah?


Seperti yang kita tahu, sekarang pelajaran TIK tidak hanya diberikan pada siswa tingkat SLTA dan SLTP saja. Siswa SD pun sekarang sudah mendapatkan pelajaran tersebut. Bahkan pengajarannya pun sudah berbasis internet. Meskipun masih dalam taraf pengenalan (dasar) tapi itu sudah membantu siswa agar tidak kaget mendapat pelajaran TIK di tingkat sekolah selanjutnya.

Di tingkat SLTP pelajaran yang diberikan sudah lebih meningkat tentunya. Misalnya saja tugas yang diberikan oleh guru di kumpulkan dalam bentuk ketikan. Mencari artikel di internet, atau membuat klipping.

Di tingkat SLTA pastinya lebih didapat pastinya lebih mendalam. Seperti membuat blogsite sebagai media pengumpulan tugas dan alat untuk share info, membuat forum komunikasi dan lain sebagainya. Dengan demikian siswa saat ini tadak akan tertinggal dengan adanya kemajuan tehnologi yang semakin hari semakin maju.

Jadi internet sangat menunjang proses pembelajaran di sekolah.
Apalagi blogsite dan email. Keduanya sangat bermanfaat dan sangat efektif untuk share info dan sebagai media pengumuman. Sedangkan browsing sangat membantu siswa dalam pengerjaan tugas yang di berikan oleh pengajar..

Kesimpulan

Dengan adanya pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, siswa dapat berinteraksi di dunia maya. Selain mendapatkan banyak teman, tapi juga membantu siswa lebih mudah belajar dan berkreasi. Selain itu siswa tidak akan tertinggal dengan adanya kemajuan tehnologi yang semakin hari semakin maju.

Jadi TIK khususnya internet sangat bermanfaat untuk pembelajaran di sekolah dan sangat efektif sebagai media untuk menulis.

Saya berharap agar seluruh siswa dan sekolah di Indonesia mau ikut membantu pemerintah dalam program jardiknas agar Indonesia menjadi negara yang maju. Dan saya berharap suatu saat Batang menjadi kota yang dikenal masyarakat Indonesia dan tidak menjadi kota yang GAPTEK.


No comments: